Beranda > Info Beasiswa > MAGANG KE JEPANG[Kerjasama Depnakertrans R.I. – IMM Japan]

MAGANG KE JEPANG[Kerjasama Depnakertrans R.I. – IMM Japan]

Pendaftaran Calon Peserta Pemagangan ke Jepang dibuka mulai tanggal 22 Agustus 2008 s/d 21 Nopember 2008. Pelaksanaan Seleksi Calon Peserta Pemagangan ke Jepang akan dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 28 Nopember 2008. Pendaftaran dapat dilakukan di setiap Disnaker Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur.

Wujud kerjasama antara Depnakertrans dengan IMM – Japan dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia terutama bagi generasi muda guna menyongsong era globalisasi.

IMM – Japan adalah : Association For International Manpower Development of Medium and Small Enterprises – Japan.
Tugas IMM – Japan adalah :
1. Menerima peserta pemagangan dari Luar Negeri khususnya dari Indonesia
2. Membantu perkembangan perusahaan/industri menengah dan kecil di Jepang
3. Sebagai sponsor dan pelindung peserta magang selama mengikuti program di Jepang.

Tujuan Program Magang ke Jepang :
1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
2. Menyiapkan Generasi Muda untuk dapat berkompetisi dalam era globalisasi.
3. Mendidik Generasi Muda untuk beretos kerja produktif, disiplin dan sikap mental tinggi.
4. Mempunyai ketrampilan dan berwawasan luas di dunia kerja baik di dalam maupun luar negeri.
5. Memiliki modal usaha dan hidup mandiri/berwirausaha.

Persyaratan Calon Peserta :
1. WNI, Berdomisili di Propinsi Jawa Timur minimal 2 tahun, dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga
2. Jenis kelamin : laki-laki
3. Tinggi Badan Minimal 160 cm
4. Berat Badan Minimal 50 kg.
5. Pendidikan formal :
a.     Berijazah SMK/STM, Diploma atau Sarjana Tehnik jurusan :
Bangunan, Mekanik, Listrik, Tehnik Industri, Mekanisasi Pertanian, Juru Gambar, Tehnik Komputer (Hard Ware), Tehnik Kimia.
b.     Berijazah SMU/Sederajat, Diploma, Sarjana non Teknik ditambah Setifikat Latihan Kerja minimal 480 jam, yang dikeluarkan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) / Lembaga Latihan Kerja Pemerintah atau Swasta dengan Bidang Ketrampilan Kejuruan :
Bangunan, Mekanik, Listrik, Tehnik Industri, Mekanisasi Pertanian, Juru Gambar, Tehnik Komputer (Hard Ware), Tehnik Kimia
6. Usia pada saat pendaftaran :
Usia minimal 20 tahun; maksimal 25 tahun (SMU/SMK) atau usia 27 tahun (Diploma 3/Sarjana)
7.     Berbadan Sehat :
Dibuktikan dengan Surat Keterangan dari dokter Pemerintah atau Puskesmas untuk mengikuti seleksi dan rekruitmen Pemagangan Jepang
8.     Tidak Cacat Fisik meliputi :
– Bertato atau bekas tato
– Bertindik atau bekas tindik
– Penyakit kulit
– Patah tulang atau bekas patah tulang
– Kaki semper, kaki O atau X
– Disfungsi organ tubuh
– Berkaca mata
– Bekas operasi/bekas kecelakaan/bekas luka bakar/keloit/toh/tompel, dll.
9.     Tidak terlibat atau melakukan :
– Tindakan kriminal
– Gerakan ekstrim terlarang (misal teroris)
– Pengguna Obat Psikotropik, dll.
10.     Lulus seleksi yang meliputi :
– Pemeriksaan Administrasi
– Cek Fisik
– Test Matematika
– Test Kesamaptaan (ketahanan fisik)
– Test Bahasa Jepang
– Wawancara
– Psikotest
– Test Kesehatan
Selain persyaratan tersebut diatas :
1.     Pada saat mendaftar, menyerahkan (membawa) :
– Foto Copy KTP dan KK
– Foto Copy Ijazah/STTB : SD, SMP s/d ijazah terakhir
– Pas foto Berwarna ukuran 4×6 = 3 lbr, dan 3×4 = 3 lbr
– Foto Copy sertifikat latihan kerja, minimal 480 jam bagi lulusan SMU, Diploma atau Sarjana Sosial (non tehnik)
Semua Foto Copy tidak perlu dilegalisir.
2.     Pada saat wawancara diwajibkan membawa semua dokumen asli sebagai berikut  :
– KTP dan KK (Asli)
– Ijazah/STTB : SD, SMP s/d Ijazah terakhir (Asli)
– Akte Kelahiran/surat kenal lahir (bagi yang mempunyai/memiliki)
– Pas Foto Berwarna ukuran 4×6 = 3 lbr, dan 3×4 = 3 lbr
– Sertifikat Latihan Kerja (Asli), minimal 480 Jam bagi lulusan SMU, Diploma atau Sarjana Sosial (non tehnik).

Informasi lebih lanjut hubungi :

DINAS TENAGA KERJA PROPINSI JAWA TIMUR
Sub Dinas Pelatihan & Pemagangan.
Jl. Dukuh Menanggal 124-126 Surabaya Telp. 031-8282612

About these ads
  1. suprus
    Maret 16, 2009 pukul 7:12 pm

    emang kalo dah ke japan bisa balik lagi ke japan ga sih?

  2. April 2, 2009 pukul 8:50 pm

    q jg brhrap bgt bs ikt serta dlm pemagangan ksna!!!
    q akn brsha kras spya bs ikt bragkt ksna!!!
    mohon doanya aja ya!!!!
    assallamualaikum wr.wb

    mnta sarannya aja gmna cranya bs lulus 100% ksna??

  3. April 25, 2009 pukul 12:02 pm

    assalamualaikum
    maaf saya warga provinsi Ja-Teng bisa ga daftar? saya ingin banget kerja di jepang

  4. fukudan
    Mei 14, 2009 pukul 5:34 pm

    1. MoU antara peserta dengan panitia bagaimana isinya?????
    2. bagaimana (bukti) perhatian pemerintah indonesia terhadap para peserta pemagangan yang dijepang?????

  5. eduward aron
    Mei 17, 2009 pukul 11:35 am

    slmt siang…
    saya berharap sekali ingin bekerja dan bergabung ikut pemagangan ke jepang, namun belum mempunyai pengalaman dilembaga latihan krja? gimana ya?? mohon petunjuk, Thank”s

  6. Lilik Andrianus
    Mei 29, 2009 pukul 8:42 am

    Saya butuh Informasi yang lengkap tentang Pemangangan ke Jepang, Kapan batas akhir pendaftaran dan dikenakan biaya berapa? please call me in 085642377006.
    terimakasih~~

  7. reo
    Juni 15, 2009 pukul 2:39 pm

    magang jepang tahun 2009

  8. afif
    Juli 22, 2009 pukul 11:48 am

    terimakasih atas kesempatan ini.
    saya adalah mahasiswa desain komunikasi visual
    yang berpotensi dan bersemangat yang memakai kacamata.
    apakah dengan keadaan yang ada pada diri saya ini menjad penghalang untuk bergabung untuk sukses bersama program ini?
    saya ingin bergabung dengan program ini dalam bidang gambar atau industri animasi di Jepang. saya yakin suatu saat akan ada industri animasi sebesar di Jepang yang berdiri di indonesia dan menyerap banyak tenaga kerja yang memiliki talenta tinggi dan menikmati profesinya.
    saya yakin dan bersemangat dan akan menjadi yang lebih baik.
    mohon tanggapannya karena saya benar-benar bersemangat dan berminat.

    Afif

  9. ereiru
    Juli 30, 2009 pukul 2:32 pm

    gajinya berapa ya…??

  10. Hery
    Agustus 1, 2009 pukul 10:16 am

    Kapan test IMM akan di adakan lagi di tahun 2009?

  11. Bian
    Agustus 4, 2009 pukul 9:27 am

    Selamat pagi…
    Mohon info kapan dbuka pendaftaran pemagangan dijepang dbuka kembali untuk periode 2009?
    Saya fresh graduate S1 Teknik Mesin,pngen skali bisa lolos ikut pemagangan kjepang untuk menambah keahlian saya dalam bidang kteknikan..
    Terimakasih,mohon informasinya..

  12. eduawan
    Agustus 31, 2009 pukul 11:57 pm

    knapa pemagangan tahun 2009 ama bgt???

  13. kenshusei
    September 12, 2009 pukul 1:49 pm

    d jepang lgy krisis jdy mnkin lma bka ya

  14. arman
    Oktober 6, 2009 pukul 4:35 pm

    salam..
    kira-kira untuk orang yang berbasis pndidikan khusus agama atau pesantren, tapi kompeten dlam bidang teknik ada pluang nggak untuk ikut program magang ini..?

    thank’s.

  15. darwono
    Oktober 11, 2009 pukul 10:37 pm

    saya sudah 4kali gagal dlm trening magang kejepang karena tingi badan to saya tetap semangt untuk bsa berangkat ke jepang wlpn sudah mengeluarkan biaya yg tidak sedikit tp tetap semangt,,dan ahirya qmilih jalan ikut Program KADIN yg tdk berdomisil tingi bdn dgn biaya yg tdk sedikit,toh sudah lulus semua,,mlh cuma ambil13anak dibagian industri dan25 ank bagian petrernakan,,,q mau tanya p di jpng Ada program bru Peternakan&pertanian?q btuh Informasiy?

  16. ansyori
    Oktober 13, 2009 pukul 5:01 am

    mohon info trbaru ttg “magang ke jepang”

  17. Delita
    Oktober 21, 2009 pukul 11:26 pm

    Saya warga kalimantan timur bisa magang ke jepang juga kh?????

  18. ady purnama
    November 16, 2009 pukul 11:26 am

    kl udeh berangkat mo brgkt lagi gimana yah caranya ???? please infonya … makasih

  19. akhmad sentot ali basar
    November 16, 2009 pukul 8:26 pm

    saya mau nanya tentang rincian biaya dan apa jenis pekerjaan yang nanti jika saya sudah bekerja disana.1 lagi kira2 butuh proses berapa lama sampai saya bisa magang kerja disana?mohon bantuannya,,,terima kasih

  20. heriyama
    November 20, 2009 pukul 5:24 pm

    salam sukses untuk angkatan 120-121 lembang. haro pa kabra , gimana usahanya minasama dah sukse lom, kalo lom sukses tetap semangat yah.

  21. indra
    November 25, 2009 pukul 9:50 pm

    kalo bisa seleksi diadakan setahun 2 kali

  22. rafumado
    Desember 6, 2009 pukul 3:09 am

    saya sudah masuk di blk bina mandiri pekanbaru januari 2009,, ttpi smpai skrng desember tidak ada kejelasan dari sensei nya tntang kbrngkatan ke lembang atu cevest,, sllu ada alasan buat di undur undur,, bagaimana ini ??

  23. yustinus
    Desember 20, 2009 pukul 3:23 pm

    Siang,,mohon informasi untuk pendaftaran dari kota Medan, mulai tanggal Berapa????domo arigatogozaimas…

  24. ridhoo
    Desember 20, 2009 pukul 3:31 pm

    jangan jadi ajang korupsi pakk,,masih banyak pengangguran..Tobat…….

  25. eross
    Januari 5, 2010 pukul 4:12 am

    i need information yang komplit.masalah sampai kpn kesempatan ini msih ada,biayanya berp?fasilatasnya?kesejahteraannya?jaminannya?GAjinya?.you can call me at 08567146209.tanks

  26. yadi mulyadi
    Januari 20, 2010 pukul 8:54 pm

    kpengen kerja di jepang

  27. ahmad
    Februari 3, 2010 pukul 7:05 pm

    kapan magang ke jepang di buka pd thn 2010
    terima kasih sebelumnya,.

  28. Anas
    Maret 14, 2010 pukul 1:08 pm

    slam semangat,
    pa klw di medan di mana pendaftarnnya, dan pa2 ja yg di butuhkan,
    terima kasih

  29. moh.khoirul huda
    Maret 25, 2010 pukul 11:48 am

    kapan hasil tes tulis diumumkan???

  30. ali topan
    April 1, 2010 pukul 7:57 pm

    apakah program ini hanya di jatim? bagaimana dgn kota lain nya??? seperti jakarta?

  31. peri permana putra
    April 3, 2010 pukul 5:48 am

    info pemagangan ke jepang tahun 2010 ko gak ada tolong di kasih tahu ya kapan ada lagi buka pendaftaran

  32. AGUSMAN
    Mei 25, 2010 pukul 10:41 am

    watashi no nama e wa agusman desu,kono mae wa 2004 kara 2007 made san nen kan gurai nihon de itta koto ga arimasta.watashi ga imm japan no kensusei kara.nihon no toki nisshin bou no kaisha de san nen kan gurai shigotto yatta koto ga arimasta.honto ni san nen kan gurai shigotto arigato gozaimasta.honto ni nihon ni modorotai desu demo asoko ni yarikata wakarimasen,imm japan onegaishimau nihon ni modoritai kara.

  33. firman
    Juni 16, 2010 pukul 12:07 pm

    mau tanya, saya angkatan 86, ada g link perusahaan jepang di Sumaera Selatan (palembang) yang bekerjasama dengan IMM Japan. thx.

  34. Umar
    Juni 20, 2010 pukul 1:14 pm

    Pembukaan magang lagi….kapan ya…….???????

  35. Ruddy
    Juli 13, 2010 pukul 9:35 pm

    saya orang jakarta mau daftar kira2 sdh tutup blmm ya n harus kemana saya mendaftarnya .. please infonyaa//. ?? 085216322795

  36. dol muid
    Juli 22, 2010 pukul 9:45 pm

    I’m lamongan people. but I’m 19 years. I’m so interesting that. I wanna go to japan. please give me information about time of registration.

  37. YONO
    Agustus 11, 2010 pukul 12:55 pm

    boleh g klo bkas jahitan didahi ikut test

  38. September 7, 2010 pukul 10:52 am

    mo tanya klo pernah ikut program IMM boleh ikut lg gak?

  39. azri satyadinata
    Desember 28, 2010 pukul 1:43 pm

    kapan di adakan lagi pendaftaran magang ke japan untuk wilayah jakarta??
    tolong infonya
    Tq

  40. ade
    September 11, 2011 pukul 3:47 pm

    bagaimana cara caranya kenshusei yang sudah selesai magang 3 tahun, kembali lagi magang atau kerja ke jepang. tolong infonya . thanks….

  41. Desember 21, 2011 pukul 1:09 am

    bisa silahkan hubungi LPK.BUMI NUSA PUWOEJO, TELP : 081328863125/087837699691

  42. Januari 3, 2012 pukul 9:20 am

    knpa

  43. BL
    Januari 6, 2012 pukul 10:17 pm

    MOHON PEMERINTAH DAERAH/KABUPATEN YANG ESK MAGANG JAPAN DIBERII KESEMPATAN KERJA DII DAERAH

  44. BL
    Januari 14, 2012 pukul 10:44 pm

    so desuka

  45. fhmi
    Januari 15, 2012 pukul 10:30 pm

    kpan ada lagi program ini?apakah tahun 2012 diadakan lagi?

  46. mifakul
    Februari 3, 2012 pukul 7:28 pm

    utk wilayah jawa timur ka
    pan ya perekrutan peserta bru?

  47. candra ardiansyah
    Februari 18, 2012 pukul 11:35 am

    pendaftaran tahun 2012 tnggal berapa dan bulan berapa?

  48. mamet
    Maret 11, 2012 pukul 9:01 pm

    untuk jakarta kapan di buka peserta baru ya untuk tahun 2012 tolong balasannya ? kami tunggu terimaksih..

  49. Maret 16, 2012 pukul 1:25 pm

    PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO
    DINAS TENAGA KERJA , TRANSMIGRASI DAN SOSIAL
    Jl. Kyai Brengkel No. 13-15 Telp. (0275)321070 Fax. (0275) 325451
    ______________________________________________________________________________________________
    PENGUMUMAN MAGANG KERJA KE JEPANG
    Nomor : 563.12 / 532 /2012
    Berdasarkan Surat Kepala Dinas Tenaga Kerja , Transmigrasi dan Kependudukan Propinsi Jawa Tengah Nomor. 563 / 2265 tanggal 28 Pebruari 2012 tentang Pelaksanaan Pendataan Rekruitmen / Seleksi Calon Peserta Magang ke Jepang, maka dengan ini Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Purworejo memberikan kesempatan kepada Pencari kerja untuk mengikuti Program Pemagangan ke Jepang periode tahun 2012, dengan persyaratan sebagai berikut :
    1. Pendididkan :
    a. Minimal SLTA / SMK
    b. Bagi SLTA harus memiliki Sertifikat Pelatihan tehnik sekurang-kurangnya 220 jam pelatihan atau pengalaman kerja bidang tehnik sekurang-kurangnya 6 bulan yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat kerja yang bersangkutan meliputi jurusan : Bangunan, Mekanik, Listrik, Tehnik Industri,Mekanisasi Pertanian, Juru gambar, Tehnik Kimia, Tehnik computer, Tehnik Perkapalan, dll .
    2. Jenis Kelamin Laki-laki :
    a. Usia minimal 19 tahun 6 bulan, maksimal 26 tahun saat pendaftaran.
    b. Berbadan sehat yang dikeluarkan dari Dokter / Puskesmas
    c. Berkelakuan baik yang dikeluarkan dari Kepolisian
    d. Tinggi badan min 160 cm, Berat badan minimal 50 kg
    e. Fisik tidak : Cacat,Bertato/bekas tato, Tindik, Patah Tulang, Tuli, Hernia, Penyakit kulit, Kaki Semper, Kaki O, Kaki X, Disfungsi Organ Tubuh, Buta Warna, Berkaca Mata, Silindris, Juling, Bekas Operasi, (bekas kecelakaan, luka bakar, usus buntu, karena penyakit), Estetika (penampilan Fisik)
    3. Pendaftaran dimulai pada tanggal :12 maret s/d 15 juni 2012
    4. Tempat Pendaftaran di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Propinsi Jawa Tengah (Seksi Pelatihan dan Pemagangan, Bidang Pelatihan dan Produktifitas Gedung B Lantai 2) jl. Pahlawan no. 16 Semarang pada jam Kerja atau Hubungi LPK.BUMI NUSA , jL.Jogja km 8, Depan SMA N 3 PURWOREJO.
    5. Calon Pendaftar wajib membawa surat Pengantar dari Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Purworejo
    6. Pada saat Mendaftar menyerahkan surat lamaran yang dilampiri :
     Fitaocopy Ijasah(STTB) terakhir + Transkrip Nilai yang di legalisir
     Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari Kepolisian
     Surat Keterangan Sehat Dari Dokter ( Asli)
     Fotocopy KTP, KK, dan Akte Kelahiran/ kenal lahir yang di legalisir
     Fotocopy kartu Kuning (AK-1)
     Pas Foto Berwarna Terbaru ukuran 4 x 6 =b4 lembar,dan ukuran 3 x 4 = 4 lembar
     Pernyataan Bermaterai secukupnya bahwa bersedia dan sangup mengikuti program pemagangan kecil dan menengah di Jepang selama 3 tahun.
    7. Rencana Seleksi dilaksanakan pada tanggal 18 s/d 22 juni 2012, yang meliputi kesemaptaan tubuh, Tes Matematika, Tes Fisik, Tes Bahasa Jepang dan Wawancara
    8. Pada saat test wawancara diwajibkan membawa dokumen asli : Ijasah(STTB)+Transkrip Nilai ( SD,SMP,SMA/SMK ) Akte kelahiran/kenal lahir, KTP, KK, Fortmulir Isian Form 3, dan Pas Foto terbaru ukuran 3 x 4 = 2 lembar.
    9. Sanggup menanggung biaya yang meliputi :
     Transportasi, Akomodasi, dan konsumsi untuk keperluan peserta.
     Pelatihan Bahasa Jepang di LPK
     Biaya hidup saat mengikuti test Seleksi
     Biaya medical Chek Up
     Biaya hidup saat Pelatihan tahap 1 didaerah (2 bulan)
     Transportasi ke lokasi pelatihan tahap 2 di Pusat (B2PLKLN Cevest Bekasi )
     Biaya pembuatan passport, airport tax, Visa dan Uang saku minimal 10 ribu Yen untuk keperluan peserta sendiri di Jepang.
    10. Bersedia dipulangkan ke daerah asal peserta dengan menangung biaya transportasi sendiri apabila dinyatakan tidak lulus selama mengikuti pra pelatihan pemberangkatan tahap 1 didaerah atau tahap 2 di B2PLKLN Cevest Bekasi, serta pada saat pemeriksaan kesehatan dan bila dinyatakan sakit/menyidam penyakit.
    11. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial atau di LPK.BUMI NUSA , jl.jogja km 8, depan SMA N 3 PURWOREJO, TELP : 081328863125 / 087837699691 ( saudara Budi).
    Demikian pengumuman ini dibuat untuk disebarluaskan.

  50. rehulina
    Mei 14, 2012 pukul 6:19 pm

    buat cewek gk da yuah

  51. mamat
    Mei 17, 2012 pukul 10:18 am

    untuk daerah kalimantan itu ada gak ya?
    di provinsinya?

  52. Oktober 4, 2012 pukul 3:18 am

    Its such as you read my thoughts! You appear to understand so much about this, like you wrote the ebook
    in it or something. I feel that you just can do with some % to force the message house a little bit, but instead of that, that is magnificent blog. A great read. I will definitely be back.

    Wilhemina

  53. Desember 7, 2012 pukul 9:21 pm

    pak mau tnya nich,jawa tengah kpn bknya pndftran

  54. April 30, 2013 pukul 7:33 pm

    hello!,I really like your writing very a lot! proportion we keep in touch extra approximately your
    post on AOL? I need an expert on this area to
    solve my problem. Maybe that is you! Looking ahead to peer you.

  55. Juli 1, 2014 pukul 7:57 pm

    Saya alumni kenshusei angkatan 31,balik ke indonesia 1999,kebrangkatan dari propensi bali.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: